Beberapa tahun belakangan ini, konsep arsitektur rumah minimalis semakin diminati oleh masyarakat modern. Mungkin Anda juga berminat untuk merenovasi rumah Anda dengan mengaplikasikan konsep yang satu ini. Konsep rumah minimalis yang mampu membuat rumah tampak luas, simpel, rapi,dan tetap bergaya inilah yang mengakibatkan masyarakat menyukainya.

Namun, mengandalkan arsitektur rumah minimalis saja belum cukup untuk membuat rumah jadi terkesan luas. Rupanya ada benda-benda tertentu yang bisa membuat rumah terkesan sempit meskipun telah menerapkan konsep minimalis. Untuk menghindari kesan sempit tersebut, sebaiknya Anda menyisihkan 7 benda berikut ini :

Bingkai dan Lukisan Besar
Penempatan bingkai dan lukisan besar di rumah berukuran mungil hanya akan menciptakan kesan sempit. Sebab rumah yang dindingnya bersih dan minim pajangan akan terkesan lebih nyaman dan lega. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tidak memajang banyak bingkai dan lukisan besar di dinding rumah. Menggunakan jam dinding dengan desain unik dan satu atau dua bingkai foto berukuran sedang sudah lebih dari cukup.

Lemari Pajangan di Ruang Tamu
Lemari pajangan biasanya memiliki ukuran yang cukup besar dengan pintu yang terbuat dari kaca. Anda bisa meletakkan patung-patung kecil dan jenis pajangan lainnya di dalam lemari tersebut. Sayangnya, keberadaan lemari pajangan kaca berukuran besar malah menyita kapasitas ruangan di rumah Anda dan akan membuat ruangan jadi terlihat sempit dan penuh.

Furniture Bergaya Klasik
Furniture bergaya klasik biasanya dilengkapi dengan aksen yang terkesan berat. Ditambah lagi ukiran atau ornamen lainnya yang menghiasi furniture tadi. Jika tak ingin rumah Anda jadi sempit karena furniture yang terkesan berlebihan, ganti saja furniture Anda dengan model yang minimalis.

Lemari Buku yang Besar dan Berat
Bagi Anda yang gemar membaca, memiliki lemari buku untuk menyimpan koleksi buku-buku yang Anda miliki mungkin menjadi suatu keharusan. Tetapi keberadaan lemari buku di tengah ruangan akan membuat ruang gerak jadi tidak leluasa. Alangkah lebih baik bila Anda menempatkan lemari buku di ruangan lain yang lebih tertutup. Sehingga kesan sempit pada rumah bisa diminimalkan.

Lampu Lantai
Adanya lampu lantai yang ditempatkan di sudut ruangan sebenarnya tidak berfungsi sebagai sumber penerangan seperti halnya lampu yang berada di plafon, melainkan hanya untuk menghasilkan efek temaram pada ruangan. Karena fungsinya yang tidak terlalu penting, sebaiknya Anda mengurungkan niat untuk memajang lampu lantai. Penempatan lampu lantai di rumah hanya akan menyita kapasitas ruangan di rumah Anda.

Meja di Sudut Ruangan
Meja khusus untuk diletakkan di sudut ruangan dikenal dengan sebutan meja nakas. Fungsinya tidak terlalu banyak, biasanya hanya untuk meletakkan vas bunga, pajangan, atau tumpukan buku. Daripada membuat ruangan menjadi sempit dan mudah berdebu, akan lebih baik bila meja nakas tersebut tidak digunakan.

Lampu Kristal Berukuran Besar
Sudah bukan zamannya menggunakan sumber pencahayaan yang terbuat dari lampu kristal berukuran besar. Lampu tersebut hanya menimbulkan kesan sempit dan akan menambah biaya pemakaian listrik Anda. Terutama jika langit-langit rumah jaraknya tidak terlalu tinggi dari lantai. Mengganti lampur kristal dengan lampu hemat energi akan menghemat pengeluaran sekaligus menyempurnakan kesan minimalis.

Menerapkan konsep arsitektur rumah minimalis tentu harus disertai dengan penempatan barang-barang secara cermat. Sekarang Anda pasti siap membenahi seisi rumah agar lebih nyaman dan terkesan luas. Mari siapkan waktu senggang demi mewujudkan hunian idaman Anda sekeluarga.

about us
We are the leading developer dedicated to empowering consumers with data, inspiration and knowledge around the place they call home, and connecting them with the best local professionals who can help.
follow us