Kebutuhan akan rumah semakin meningkat selama beberapa tahun terakhir. Karena jumlah penduduk semakin bertambah sementara lahan perumahan jumlahnya sangat terbatas. Anda yang belum memiliki rumah tentu bertekad untuk segera mewujudkan keinginan memiliki hunian pribadi.

Selain KPR rumah baru, salah satu proses yang bisa Anda lakukan untuk memiliki rumah adalah mengambil over kredit rumah. Saat ini cukup banyak pemilik rumah yang tidak bisa melanjutkan KPR dengan alasan tertentu. Sehingga rumah yang masih dalam status KPR pun akan di-over kredit kepada pihak lain.

Kalau Anda berencana mengambil over kredit rumah, maka Anda harus lebih cermat memperhatikan beberapa hal penting ini :

Mencermati Kondisi Fisik Rumah
Kondisi fisik rumah erat kaitannya dengan harga jual rumah. Tentu saja rumah yang kondisi fisiknya kurang baik akan memiliki harga jual yang lebih rendah. Oleh karena itu, jangan sampai Anda lalai mencermati kondisi fisik rumah. Amati dulu kondisi rumah dengan seksama sebelum Anda memutuskan untuk menyetujui over kredit rumah tersebut. Jika ada kondisi rumah yang tidak berkenan bagi Anda, jangan segan-segan untuk bertanya kepada sang pemilik rumah.

Menghitung Nilai Rumah yang Sebenarnya
Jangan hanya tergiur oleh besar angsuran KPR atau DP rumah yang murah. Anda mesti mempertimbangkan nilai total rumah yang ingin Anda beli. Jangan sampai Anda mendapatkan rumah dengan harga yang lebih tinggi dari standar harga pasaran. Jadi, Anda mesti lebih teliti dalam menghitung dan membuat penawaran harga rumah.

Jangan Lupa Mempertimbangkan Suku Bunga KPR
Pertimbangan mengenai suku bunga KPR menjadi hal penting lainnya yang wajib Anda pahami. Kalau Anda ingin menghitung total biaya yang wajib Anda bayarkan, berarti Anda juga harus memahami suku bunga KPR yang berlaku selama masa angsuran. Nilai suku bunga yang terus meningkat akan membuat Anda harus mengeluarkan biaya dalam jumlah besar. Hal ini harus menjadi bahan diskusi yang jelas sebelum Anda benar-benar memutuskan untuk mengambil langkah over kredit rumah.

Mencermati Riwayat KPR Sebelum Membeli
Ada hal penting lainnya yang juga wajib jadi perhatian Anda ketika terlibat over kredit rumah. Anda harus memeriksa apakah rumah yang ingin Anda beli masih memiliki tunggakan KPR atau masalah lainnya. Hal-hal seperti ini bisa menyulitkan Anda di kemudian hati bila Anda kurang cermat. Untuk menghindari hal ini, Anda patut lebih kritis soal riwayat KPR rumah tersebut.

Membuat Surat Pengikatan
Surat pengikat yang dikenal dengan sebutan akta pengikatan jual beli adalah dokumen penting dalam urusan over kredit, termasuk over kredit rumah. Sebab surat ini akan memuat informasi tentang pengalihan kepemilikan rumah selama masih dalam masa KPR. Keberadaan surat ini juga menjadi informasi bagi pihak bank mengenai peralihan KPR. Sehingga proses pengurusan surat di akhir masa KPR akan menjadi lebih mudah bagi Anda. Walaupun angsuran dan sertifikat rumah masih berdasarkan nama si pemilik pertama, tetapi hak kepemilikannya sudah beralih pada Anda yang menerima over kredit.

Asalkan Anda teliti mencari rumah yang Anda inginkan, proses over kredit rumah pun akan berlangsung lancar tanpa kendala berarti. Keinginan untuk segera memiliki hunian pribadi pun dapat terwujud dengan proses yang mudah. Mari mencari rumah yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

Developer Perumahan Margahayu Bandung Terkemuka
Margahayuland, Perusahaan yang bergerak di bidang perumahan ini yang telah berdiri selama 44 tahun. MRD telah sukses mendirikan 50.000 properti seperti perumahan Margahayu Bandung, apartement dan juga pusat perbelanjaan. Kesuksesannya sebagai perusahaan bidang perumahan di Indonesia dengan fasilitas yang lengkap serta lokasi yang sangat strategis, MRD akan terus berusaha memberikan inovasi dan juga konsistensi dalam pengembangan dalam negeri.
follow us