Hunian nyaman tentu akan membuat Anda sekeluarga merasa betah tinggal di dalamnya. Sayangnya, kenyamanan tersebut bisa terusik ketika luapan air banjir mulai masuk dan menggenangi rumah Anda. Mungkin bencana banjir yang Anda alami tidak parah, namun tetap saja banjir mengakibatkan rumah kotor yang harus segera dibersihkan agar terhindar dari penyakit. Namun, banjir bukan menjadi masalah bila Anda sudah menguasai tips bersihkan rumah yang terkena imbas banjir berikut ini:

Menyingkirkan Lumpur dengan Sekop
Air banjir yang sudah surut biasanya akan menyisakan endapan lumpur di dalam rumah. Gunakan sekop berukuran besar untuk menyingkirkan lumpur tebal di rumah Anda. Sisihkan lumpur tersebut perlahan-lahan agar semua kotoran lainnya ikut terangkat dengan sekop.

Selang Panjang dan Air Bersih yang Memadai
Anda harus menyiapkan selang panjang untuk menyiramkan air dari bagian rumah yang paling dalam. Sisa-sisa lumpur dan kotoran lainnya harus dikeluarkan dari rumah dengan menyemprotkan air bersih. Jangan lupa pula membawa sikat lantai berukuran besar untuk membersihkan kotoran yang melekat kuat pada lantai dan dinding rumah Anda.

Membersihkan Peralatan Makan dan Perabot Dapur
Peralatan makan dan perabot dapur adalah benda yang patut dibersihkan secara detil ketika banjir. Rendamlah peralatan makan dan perabot dapur lainnya dalam air mendidih selama kurang lebih 15 menit. Kemudian cucilah perabot tersebut dengan sabun cuci piring anti bakteri dan air mengalir. Tiriskan hingga semuanya benar-benar kering dengan cara dijemur di bawah sinar matahari.
Agar Dinding Rumah Tak Berjamur
Dinding rumah yang lembap karena air banjir ternyata rentan diserang oleh jamur. Sebelum dinding rumah telanjur berjamur, gunakan cairan desinfektan yang dicampur dengan sedikit air untuk membasuh seluruh tembok yang terkena air banjir. Campuran desinfektan tersebut akan membuat tembok menjadi higienis sekaligus mencegah pertumbuhan jamur.

Mengepel Lantai Tak Cukup Satu Kali
Agar kondisi hunian nyaman Anda kembali bersih seperti semula, usahakan untuk mengepel lantai minimal 2 kali. Gunakan cairan pembersih lantai yang mengandung anti bakteri dengan aroma yang kuat. Sehingga aroma tak sedap pada lantai bisa lekas hilang setelah Anda selesai mengepel. Sebaiknya bersihkan lantai minimal 2 kali untuk menghilangkan kotoran dan kuman tak kasat mata yang menempel di lantai.

Mengeringkan Rumah yang Baru Dibersihkan
Rumah yang baru dibersihkan dari banjir masih harus dikeringkan agar tidak lembab. Anda bisa menggunakan kipas angin bertekanan tinggi untuk mengeringkan rumah. Nyalakan kipas angin setidaknya setengah hari sampai seisi rumah benar-benar kering dan bebas bau. Jangan lupa pula untuk mengangin-anginkan kusen, pintu, dan perabot kayu lainnya. Karena perabot dan bagian rumah yang terbuat dari kayu jadi mudah lapuk dan hancur bila dibiarkan dalam keadaan lembab.

Walaupun kenyamanan Anda sempat terganggu dengan bencana banjir, Anda bisa kembali menikmati suasana nyaman di rumah bila sudah membersihkannya dengan cermat. Hunian nyaman kesayangan Anda pun akan kembali sehat dan membuat Anda sekeluarga menjadi betah.

Developer Perumahan Margahayu Bandung Terkemuka
Margahayuland, Perusahaan yang bergerak di bidang perumahan ini yang telah berdiri selama 44 tahun. MRD telah sukses mendirikan 50.000 properti seperti perumahan Margahayu Bandung, apartement dan juga pusat perbelanjaan. Kesuksesannya sebagai perusahaan bidang perumahan di Indonesia dengan fasilitas yang lengkap serta lokasi yang sangat strategis, MRD akan terus berusaha memberikan inovasi dan juga konsistensi dalam pengembangan dalam negeri.
follow us