tips bangun rumah dan pembangunan rumah serta perumahan, bagi Anda yang ingin membangun perumahan clusterPara pengembang yang berpengalaman dan telah sukses dalam pembangunan perumahan menyebutkan bahwa lebih mudah untuk bangun rumah atau mengembangkan perumahan cluster dibandingkan dengan pembangunan rumah skala besar. Umumnya, pembangunan perumahan skala besar sering mengalami banyak masalah, seperti modal kembali terlalu lama, dan perijinan yang panjang dan rumit sehingga memakan waktu yang tidak sebentar. Tentunya, pembangunan perumahan di daerah tersebut memiliki peluang yang sangat menguntungkan. Bagi Anda yang ingin bangun rumah atau tertarik untuk menjadi pegembang perumahan cluster,

tips berikut mungkin bisa membantu Anda.

Tentukan Jumlah Pembangunan Rumah

Biasanya, perumahan cluster berjumlah 4 kavling. Pengurusan surat-surat perijinan dari pembangunan perumahan ini pun tidak rumit, sehingga waktu Anda tidak banyak yang terbuang. Apabila Anda henda membangun perumahan cluster, sebaiknya pembangunan rumah yang Anda bangun adalah sekitar 4 unit. Pembangunan rumah dalam satu cluster dengan jumlah unit yang lebih dari 5 akan membuat Anda kesulitan untuk menjualnya kembali. Jangan lupa sesuaikan keuangan Anda untuk mengelola pembangunan perumahan yang sedang Anda kerjakan karena hal ini akan mempengaruhi prospek perumahan cluster yang Anda kelola.

Tentukan Lokasi Pembangunan Perumahan

Setelah mengetahui jumlah unit rumah yang akan Anda bangun dalam satu perumahan cluster, sekarang Anda harus menentukan lokasi yang tepat untuk pembangunan perumahan tersebut. Selain Bekasi dan Depok, Tangerang juga menjadi pilihan para pengembang untuk membangun perumahan cluster, karena selain harga tanahnya yang tidak terlalu mahal, lokasi-lokasi tersebut dengan beberapa industri besar.

Hitung Anggaran Pembangunan Perumahan

Setelah lokasi, selanjutnya Anda perlu menghitung anggaran yang Anda butuhkan untuk membangun perumahan cluster. Misalnya, Anda membangun 4 unit perumahan cluster di atas tanah berukuran masing-masing 100m2.

Maka, 4 x 100m2 = 400m2.

Misalnya, harga tanah Rp.500.000/m2

Maka, 400m2 x Rp.500.000 = Rp.200.000.000

Misalnya, biaya pembangunan rumah Rp.50.000.000/unit

Maka, 4 unit x Rp.50.000.000 = Rp.200.000.000

Biaya perijinan IMB dan lain-lain, anggab Rp.10.000.000

Berarti, anggaran yang Anda butuhkan untuk pembangunan perumahan sebanyak 4 unit adalah sebesar Rp.410.000.000.

Cari Dana Tambahan untuk Pembangunan Perumahan

Untuk membangun sebuah perumahan cluster pasti dibutuhkan modal dana yang tidak sedikit. Namun, itu bukan menjadi hambatan besar. Jika Anda tidak memiliki modal yang cukup, Anda tetap bisa bangun rumah ataupun mendirikan perumahan cluster dengan cara mengajukan kredit pembangunan rumah kepada bank. Sebelum memulai pembangunan perumahan, pastikan Anda telah mendapatkan pinjaman agar proyek perumahan cluster yang sedang Anda kerjakan terhenti karena modal yang tidak cukup.

Ajukan Ijin Mendirikan Bangunan Perumahan Cluster

Hal yang tidak boleh Anda lupakan ketika membangun perumahan cluster adalah perijinan pendirian bangunan atau IMB. Tidak adanya IMB pada pembangunan rumah yang Anda buat akan mengakibatkan pembangunan perumahan Anda bisa mengalami masalah yang cukup serius. Untuk itu, segera ajukan ijin di kantor Perijinan Terpadu atau kantor Perijinan Satu Atap setempat. Untuk dapat mengurus IMB Anda harus membawa syarat-syarat sebagai berikut:

  1. Gambaran kerja pembangunan perumahan cluster
  2. Surat pernyataan RT/RW, Kelurahan, dan Kecamatan untuk mendirikan bangunan
  3. Surat Pernyataan bertanggung jawab terhadap proyek pembangunan perumahan
  4. Foto Copy Status Tanah
  5. Foto Copy KTP
  6. Foto Copy pelunasan PBB

 

Mulai Membangun Perumahan Cluster

Setelah Anda selesai dengan persiapan pembangunan perumahan, Anda bisa mulai bangun rumah di lokasi yang Anda inginkan. Selalu pastikan pembangunan rumah dilakukan sebaik mungkin agar tidak menimbulkan biaya tambahan dan tak terduga ketika perumahan cluster Anda sudah siap untuk dijual.

Bagi Anda yang ingin memulai peruntungan di bidang properti, tidak ada salahnya untuk mengaplikasikan tips-tips di atas untuk membangun perumahan cluster. Bukan hanya untuk investor atau pengembang saja, tips tersebut juga cocok untuk Anda yang ingin bangun rumah impian Anda sendiri. Semoga bermanfaat.

mari mulai bangun rumah cluster anda

about us
We are the leading developer dedicated to empowering consumers with data, inspiration and knowledge around the place they call home, and connecting them with the best local professionals who can help.
follow us